FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Home Kegiatan FKPPI Pengurus Pusat HASIL RAKERNAS FKPPI 2009 :

HASIL RAKERNAS FKPPI 2009 :

E-mail Print PDF

PERNYATAAN SIKAP FKPPI

 Dalam persepsi kebangsaan tentang arti ke Indonesiaan, FKPPI bertekad mempersatukan semua golongan dan sukubangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang tersirat dalam Bhinneka Tunggal Ika. Namun dalam realitas sehari-hari persepsi masyarakat tentang hal tersebut sarat dipengaruhi oleh wacana Globalisasi dan eforia Reformasi yang ditengarai dapat mengarah pada terjadinya distorsi filosofi tentang kebangsaan itu sendiri. Pancasila sebagai ideologi Negara hanya digunakan sebagai retorika politik belaka, bukan sebagai nilai luhur yang kita anut bersama. Undang-Undang Dasar 1945  yang diamanademen telah jauh menyimpang dari kehendak para the founding fathers dan tidak sesuai dengan kaedah-kaedah berdirinya Bangsa dan Negara  Indonesia.

 

          Sebagaimana cita-cita proklamasi Kemerdekaan R.I. tanggal 17 Agustus1945,bahwa untuk mencapai tujuan masyarakat adil dan makmur sangat disadari hanya dapat terlaksana apabila segenap komponen bangsa ini mempunyai keinginan yang kuat serta kemampuan memadai untuk melaksanakan amanat yang luhur mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia secara bersama-sama dan terkonsep.

 

          Salah satu prasyarat untuk mencapai cita-cita tersebut adalah terciptanya kemampuan dan kemandirian bangsa Indonesia dalam mengelola sumberdaya alamnya untuk semaksimal mungkin membangun serta mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang hingga Marauke.  Oleh karenanya berbagai upaya pemberdayaan menjadi sangat penting yang berdasar pada potensi sumber daya manusia Indonesia dalam mengabdikan karya baktinya pada Negara dan bangsa.

 

          Persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah masih belum terlepas dari penjajahan gaya baru yang antara lain mempengaruhi dalam cara berfikir, merusak moral dan etika kita dalam berbangsa dan bernegara. Penjajahan lainnya dilakukan melalui penerapan sistem ekonomi, pendidikan dan budaya yang terus berlangsung hingga sekarang. Ancaman demi ancaman tidak dalam bentuk yang menakutkan,  melainkan dalam cara-cara yang sangat ramah dan menyejukan hati walaupun sebenarnya meyesatkan.

         

Dengan berbagai alasan seperti, pendistribusian sumber daya ekonomi yang tidak berkeadilan, penguasaan sumberdaya alam oleh negara-negara asing, ketidakmampuan sumber daya manusia untuk bersaing serta tidak berfungsinya berbagai institusi yang membela kepentingan rakyat, bahkan perasaan takut untuk lepas dari ketergantungan negara-negara maju, telah membuat kebijakan ekonomi, sosial dan politik masih jauh dari harapan berpihak kepada rakyat..

 

        Berangkat dari latar belakang inilah,        maka, FKPPI sebagai bagian integral dari kesadaran masyarakat yang menuntut pencapaian cita-cita tersebut di atas,  berupaya dengan berperan aktif dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, melalui program kerjanya, meliputi lingkup kegiatan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Hukum, Energi dan Lingkungan, termasuk penataan internal organisasi serta mengoptimalkan pembinaan kaderisasi dan kelembagaan, yang berorientasi kepada kesejahteraan anggota pada khususnya dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan prinsip selalu mengedepankan kemandirian bangsa.

 

          Oleh karenanya di saat bangsa Indonesia harus menentukan perjalanan demokrasi lima tahunan ke depan, FKPPI menyatakan sikap, sebagai berikut :

 

1.     Keluarga Besar FKPPI tetap konsisten mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menolak aksi-aksi anarkis, gerakan-gerakan separatis dan upaya-upaya mengganti Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa, serta meminta kepada MPR-RI periode 2009 – 2014 serta Presiden/Wakil Presiden terpilih untuk sesegera mungkin mengupayakan agar kembali kepada UUD 1945 yang asli sebelum diamandemen .

 

2.     FKPPI dalam menyikapi hasil Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang tengah berlangsung, mengajak agar semua pihak yang berkepentingan untuk berdiri di atas kepentingan bangsa dan negara, agar tujuan nasional mensejahterakan rakyat tercapai dalam wadah NKRI. Untuk mencapai hal tersebut , kualitas pemilihan Presiden/Wakil Presiden agar diselenggarakan lebih baik dari pemilihan Legislatif yang banyak kekurangan dan kecurangan-kecurangannya.

 

3.     FKPPI sebagai organisasi kemasyarakatan yang mandiri sesuai dengan AD/ART FKPPI di dalam pemilihan Presiden/Wakil Presiden, pada prinsipnya tetap netral, tetapi dengan mempertimbangkan bahwa FKPPI adalah merupakan juga organisasi kader, maka sebagai konsekuensinya FKPPI mempercayakan calon Presiden/Wakil Presiden yang berasal dari kader FKPPI dengan tidak menutup kemungkinan mendukung calon Presiden/Wakil Presiden yang berasal dari Keluarga Besar TNI-Polri. .

:

4.     FKPPI mendukung terwujudnya pembangunan nasional di bidang politik, ekonomi dan sosial yang berkelanjutan serta merata, melalui kemampuan bangsa sendiri yang mandiri, profesional dan berkeadilan dengan tetap berpijak pada kearifan budaya bangsa Indonesia yang kaya serta dalam bingkai Pancasila dan UUD 1945 yang asli sebelum diamandemen, agar bangsa ini tidak terjebak pada sistem lliberalis dan kapitalis. FKPPI tidak setuju dengan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada penjualan aset-aset negara kepada pihak asing.

5.     FKPPI mengajak seluruh kader keluarga besar TNI-Polri merapatkan barisan dan meningkatkan potensi keahliannya di berbagai sektor untuk memberantas ketimpangan-ketimpangan untuk disumbangkan sebagai karya nyata putra bangsa kepada kepentingan masyarakat luas, demi kejayaan bangsa dan negara.

 

6.     FKPPI dalam melaksanakan program kerjanya akan selalu terencana dan taat azas, agar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa mendapatkan kader-kader yang andal dan hasil karyanya sebagaimana yang dikehendaki oleh Munas FKPPI dan cita-cita seluruh bangsa Indonesia.

 

                                                         Pimpinan Sidang Komisi Umum

                                                         Rapat Kerja Nasional VIII FKPPI

 

 

 

 

Last Updated ( Wednesday, 20 May 2009 00:43 )