FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Home Berita Umum Renungan Tahun Baru

Renungan Tahun Baru

E-mail Print PDF

Perjalanan dan Perubahan di Tahun 2010

 

Salah satu hal yang pasti di dunia ini adalah berjalannya waktu, tak ada satu kekuatanpun yang dapat menghentikannya, kecuali sang Pencipta dan bila itu terjadi berarti berakhirlah semua kehidupan di dunia ini.
Dalam menjalani sebuah kehidupan, banyak orang mengupayakan untuk bisa ‘survive’ dalam mencapai impian-impiannya, baik dalam memperjuangkan kelompok, keluarga bahkan dirinya sendiri tidak mungkin bisa menafikkan suatu perubahan. Karena perubahan juga adalah salah satu hal yang pasti juga, sehingga memaksa semua makhluk yang hidup maupun alam sendiri akan dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan yang terjadi.
Saat ini alam Indonesia telah mengalami berbagai perubahan, baik yang terwujud karena upaya manusia Indonesia maupun karena penyesuaian diri akibat keseimbangan alam yang tercipta akibat pergerakan bumi dan seisinya. Maka sebagai makhluk yang beragama, kita diwajibkan untuk banyak bersyukur atas banyaknya rakhmad yang diberikan olehNya, sehingga meskipun banyaknya bencana yang terjadi masih dapat ditangani akibat masih adanya semangat kekeluargaan dari masyarakat Indonesia, yang memiliki kepedulian untuk menyumbang dan membantu baik langsung maupun tak langsung terhadap suatu bencana yang terjadi.
Semoga ditahun-tahun mendatang khususnya di tahun 2010 bangsa kita dapat diselamatkan dari kemungkinan kehancuran yang lebih besar, baik sebagai akibat dari perilaku atau bencana alam yang dahsyat. Maupun dari perilaku bangsa kita yang kadang kala juga turut menjadi penyebab kerusakan alam dan lingkungan, khususnya kerusakan perilaku manusia terhadap manusia yang lain, baik langsung maupun tak langsung.
Untuk itu marilah kita senantiasa berdoa dan berusaha agar, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap tegak dan utuh dengan tetap memiliki jiwa Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Meskipun sejak adanya semangat Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan semangat Reformasi, telah terjadi banyak sekali perubahan. Namun mungkin perlu pula ditinjau kembali hal-hal apa yang tidak sesuai dengan perubahan yang terjadi sampai dengan saat ini, untuk dikembalikan menjadi hal-hal lebih sesuai dengan kondisi dan situasi kepribadian Bangsa Indonesia.
Akankan kita mengabaikan semua perubahan dengan mengutamakan kepentingan pribadi, apakah kita tidak akan peduli dengan adanya perubahan yang dapat berdampak negatif bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang lebih Indonesia daripada kehidupan yang lebih kebarat-baratan atau bernafaskan negara bagian lainnya, sehingga akan menjadikan semakin tidak jelasnya karakter jati diri Bangsa Indonesia.
Seperti dalam menghadapi kondisi pasar bebas di tahun 2010 mendatang, sudah siapkah kita menghadapi era perubahan yang baru, dimana Bangsa Indonesia akan bersaing dengan seluruh bangsa di dunia. Dimana saingan kita lebih memiliki peralatan yang canggih dan efisien, sehingga dapat menjual barangnya lebih murah dengan kualitas yang lebih baik.
Namun semua itu dapat diimbangi dengan sebuah semangat ke Indonesiaan seperti mencintai produksi dalam negeri, tapi apakah mungkin terjadi bila tidak disepakati adanya suatu semangat bersama, sedangkan semangat sumpah pemuda saja yang telah bertahun-tahun ada, dapat luntur dengan adanya perubahan yang bertubi-tubi, semakin banyak orang yang membela kepentingan negara lain, demi kepentingan dirinya.
Maka marilah kita merenungi sejenak dalam rangka perubahan tahun 2010 ini, apa yang akan kita persembahkan untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau kita akan menjadi penonton di negara sendiri saat terjadinya perdagangan bebas, bahkan menjadi target pasar bagi negara lain. Semua ini terpulang kepada diri kita, mau jadi apa kita , mau apa kita  dan kita harus berbuat apa……………Selamat Berjuang Semoga Sukses di Tahun 2010


Penulis,

Hendri Dwiwantara

Last Updated ( Thursday, 19 August 2010 20:53 )