FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Home Pokok-Pokok Pikiran Hankam Pokok Pikiran Hankam

Pokok Pikiran Hankam

E-mail Print PDF

Bidang Hankam

 

       Pentingnya tentang pemahaman suatu wawasan kebangsaan dan bela negara, ternyata memerlukan perubahan cara pendekatan, karena dalam era kemajuan jaman, tidak ada lagi perang fisik, semua dilakukan melalui suatu pembentukan opini baik media elektronik, cetak dan berbagai cara didunia Maya.

      Sehingga apabila akan menjadi pemenang dalam pembentukan opini 'suatu negara yang berdaulat dan kuat' maka performance negara harus didukung oleh kemampuan setiap anak bangsa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terciptanya suatu jaringan yang mendukung informasi yang tercipta.

       Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terdiri dari puluhan ribu pulau tentunya membutuhkan upaya-upaya yang lebih komprehensif dan sistimatis, khususnya dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, dimana keluarga besar FKPPI telah memiliki website sendiri yaitu fkppi,or,id, dimana website tersebut menggunakan sistem tercanggih dan mutakhir bagi teknologi hari ini. Pemanfaatan teknologi ini akan bergantung dari kepedulian kita dalam melakukan interaksi dengan berbagai pihak untuk melakukan dialog, kajian dengan berbagai pihak untuk menyampaikan masukan dan berbagai pemikiran yang berhubungan dengan pertahanan dan keamanan.

      Berbagai wilayah-wilayah khususnya di perbatasan, banyak sekali permasalahan yang dapat didiskusikan sehingga permasalahan-permasalahan bangsa khususnya tentang masalah sosial yang timbul di daerah perbatasan, FKPPI dapat turut berperan dalam memberikan masukan kepada pemerintah atau pihak manapun yang membutuhkan konsultasi tentang Bidang Hankam.

       Pada giliran FKPPI akan menjadi tolok ukur, untuk pemikiran-pemikiran dalam Bidang Hankam, karena seringnya melakukan kajian-kajian baik ilmiah maupun kajian dan dialog, sarasehan maupun forum-forum yang lain khususnya tentang Pertahanan dan Keamanan.

      Diperlukan juga pelatihan selain seminar, kajian dan diskusi yang selama ini dilakukan organisasi dan akan tetap dilaksanakan sesuai dangan amanat Rakernas FKPPI dimana perlu juga dimasyarakatkan tentang perlunya menjaga keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, 

      Selain itu dilakukan perhatian yang lebih besar tentang wilayah perbatasan dan untuk itu diperlukan kegiatan-kegiatan termasuk kerjasama dengan berbagai lembaga yang intinya dapat mendukung program-program atau kegiatan yang dapat mendukung sistim pertahanan keamanan, baik secara langsung maupun tak langsung.

 

Last Updated ( Saturday, 07 November 2009 06:13 )