FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Pokok Pikiran En&LH

E-mail Print PDF

Bidang Energi & Lingkungan Hidup

Dari beberapa abad yang lalu Indonesia selalu dijajah karena potensi alamnya yang kaya akan Energi dan kekayaan hayati lainnnya. Maka pengolahan Energi dan Lingkungan Hidup di Indonesia ini menjadi barang yang sangat penting, karena potensi alam tersebut adalah modal dasar bangsa untuk melakukan kegiatan kehidupan selanjutnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka eksploitasi alam dilakukan secara besar-besaran dan semakin mengancam kelestarian lingkungan hidup, maka dunia berubah menjadi sangat peduli tentang pelestarian alam, karena tiba-tiba tersadar akan kehabisan sumber daya meskipun bukan miliknya sendiri.

Ramai-ramainya dukungan untuk pelestarian alam tersebut disambut oleh Bangsa Indonesia, namun sekaligus dapat dimanfaatkan dengan melakukan penanaman pohon/ tumbuhan yang produktif, khususnya terhadap tanaman yang bisa diproduksikan menjadi energi alternatif, Sehingga pada akhirnya nanti kita menjaga suatu lingkungan yang tetap lestari sekaligus menambah cadangan potensi energinya.

Banyaknya peluang untuk mengembangkan Energi alternatif dapat memberikan dampak kesejahteraan bagi kepentingan Bangsa, khususnya bagi kepentingan anggota dilingkungan keluarga besar FKPPI dimana akan berpengaruh secara signifikan bagi kesejahteraan anggota.
Peluang yang ada diharapkan dapat dijawab oleh organisasi khususnya ditingkat daerah, tentunya dapat diusulkan untuk dikembangkannya suatu potensi energi alternatif didaerah tersebut, sehingga nantinya dilakukan kajian Bidang Energi dan Lingkungan Hidup di tingkat Daerah maupun di Pusat, maka diharapkan akan dapat dilaksanakan bersama ataupun diupayakan dengan berbagai bentuk kerjasama dan upaya dalam rangka merealisasikan pengembangan energi alternatif tersebut.

Untuk itu sesuai dengan hasil Rakernas FKPPI maka disiapkan berbagai kegiatan kajian/seminar/dialog khususnya tentang pengembangan energi alternatif, disamping itu juga direncanakan untuk melakukan berbagai kegiatan pelatihan untuk pengelolaan tanaman dan sumber daya energi alternati, sekaligus mempublikasikannya baik melalui media secara langsung atau tidak langsung seperti melakukan lomba karya tulis dll.

Perlunya dipersiapkan Pembentukan Lembaga Kajian Energi & Lingkungan Hidup, yayasan Energi dan Lingkungan Hidup, Pembentukan Badan Usaha di Bidang Energi & LH, serta berperan dalam menjaga kelestarian hutan melalui program Darkamhutia
Last Updated ( Friday, 30 March 2012 09:50 )