FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Politik

Pokok Pikiran Sospol

E-mail Print PDF
Bidang Sosial Politik

 

Kehidupan sosial dalam berbangsa dan bernegara merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam mengupayakan agar FKPPI dapat  turut mewarnai semua kehidupan masyarakat sekaligus berperan aktif sehingga diakui dan dibutuhkan keberadaannya oleh seluruh lapisan masyarakat.

 Meskipun keberadaan organisasi FKPPI sebagai organisasi yang memiliki jarak yang sama dengan dengan partai politik yang ada, namun kewajiban organisasi untuk mendorong para kader dan anggotanya untuk dapat diperjuangkan menjadi kader bangsa bahkan utamanya adalah pencapaian kesejahteraan anggota sebagaimana yang dicita-citakan oleh organisasi.

           Oleh karena itu maka perlu dapat dikembangkannya berbagai aktifitas maupun program organisasi yang akan mampu mengembangkan potensi kader dan potensi organisasi yang akan seiring sejalan dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh kepentingan keluarga besar FKPPI.

           Namun sebagai organisasi tentunya memiliki tolok ukur keberhasilan dari kemanfaatan organisasi bagi anggota, masyarakat dan bahkan untuk kepentingan bangsa dan Negara. Oleh karena itu organisasi dilingkungan keluarga besar FKPPI harus mampu memberikan manfaat seoptimal mungkin.

           Melihat kondisi Politik masyarakat yang heterogen di Indonesia ini, dan semakin kuatnya tekanan transformasi nilai budaya asing melalui adanya perubahan era globalisasi, yang semakin menekan norma-norma kehidupan masyarakat agar lebih memahami sebuah kehidupan yang modern tanpa melihat kondisi budaya disuatu wilayah bangsa, yang tidak lagi memiliki batas ruang dan waktu, dan teknologi informasi yang dapat menyebabkan perubahan kondisi politik hanya dengan adanya perubahan opini yang diciptakan oleh masyarakat ‘tekno politik’ yaitu masyarakat yang menguasai teknologi untuk menciptakan kondisi politik tertentu melalui penciptaan pencitraan melalui dunia maya.

           Dunia maya tanpa batas ruang dan waktu saat ini, telah banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia, meskipun telah diawasi oleh Undang-undang dan departemen teknis Menkominfo, namun kondisi masyarakat yang belum merata pendidikan dan kemampuannya, masih banyak yang menjadi obyek informasi, dibandingkan dengan yang menjadi subyek. Sehingga telah tercipta kelompok ‘tekno politik’ yang melalui website menciptakan ‘Opini Publik’ melalui suatu system forum diskusi yang berada dalam system.

           Diawali dengan berbagai kegiatan kajian-kajian masyarakat untuk dapat menyalurkan aspirasi masyarakat masyarakat yang dimaksudkan untuk mempengaruhi berbagai kebijakan pemerintah, mestinya memang menggunakan berbagai pemikiran positif dan lebih konstruktif dan lebih maju dan baik, meskipun memang kadang-kadang kondisi yang ada dikacaukan oleh ‘keinginan-keinginan tertentu’ oleh partai-partai yang ‘memanfaatkan suatu momen’ dalam hal memperjuangkan ‘ideologi atau kepentingan’ partai tertentu. Disinilah perlunya ada suatu penyeimbang opini yang mampu menjawab tantangan, ‘ pikiran keliru’ apalagi ‘keinginan salah apalagi sesat’ bagi ukuran masyarakat secara normal, melalui cara-cara diskusi dalam dunia nyata maupun dalam dunia maya.

           Maka FKPPI sebagai organisasi yang senantiasa berupaya menyesuaikan diri dengan lingkungannya sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memiliki website dengan teknologi tercanggih, dan akan berusaha setidaknya mengimbangi teknologi yang ada, meskipun tetap diupayakan FKPPI menciptakan terobosan-terobosan juga tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

           Sehingga dengan adanya kondisi seolah-olah telah terjadi ‘perang opini’ saat ini, Keluarga Besar FKPPI bermaksud mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk berdiskusi dan berdialog untuk menyepakati berbagai hal yang lebih ‘masuk akal’ dan lebih ‘aktual’ dan ‘sesuai’ dengan budaya bangsa dan kondisi potensi dan kemampuan masyarakat yang belum merata. Baik melaui website di dunia maya maupun kegiatan forum diskusi secara langsung.

           Oleh karena itu Keluarga Besar FKPPI merasa terpanggil untuk menyeimbangkan opini yang ada agar lebih memenuhi rasa keadilan masyarakat dan bagaimana masyarakat tidak dibohongi oleh berbagai opini yang menyesatkan, untuk itu kami akan berada digaris terdepan untuk berhadapan dengan ‘opini’ maupun ‘ekses opini negatif’ apapun resikonya demi kepentingan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjaga agar tetap tegaknya Pancasila sebagai Dasar Negara, serta pemurnian UUD 1945, untuk melindungi seluruh kepentingan Rakyat Indonesia.

           Dari hasil Rakernas telah direncanakan berbagai pokok kegiatan tentang seminar/workshop/diskusi berkala yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Pengkajian Strategis (LPS2). Dialog dan Temu Kader, Publikasi penerbitan hasil kajian LPS2, Talk Show dan peningkatan peran serta jenis kegiatan-kegiatan LPS2 dalam mengembangkan suatu opini publik, yang saat ini dilakukan semakin berani dan keras, dengan membuat tantangan-tantangan untuk peran opini, bahkan kepada pimpinan institusi negara yang tertinggi

           Ini adalah indikasi dan ekses dari sebuah masyarakat hedonis, yang masih terkejut dengan eforia perubahan reformasi seakan tidak adalagi filter budaya timur, yang ada adalah kebebasan ala barat, sehingga terjadilah arogansi para pakar, yang 'merasa bisa' untuk mengalahkan siapapun dalam suatu debat terbuka, tidak peduli apakah akan menjadi 'debat kusir' ataupun bukan, yang penting terbentuk opini bahwa pendapat mereka makin benar.

           Hal ini akan menjadi tantangan yang baik bagi keluarga besar FKPPI, yang selama ini tidak pernah takut untuk berkelahi dengan siapapun, dari sejak jaman dahulu kala, namun kali ini kita diajak perang dengan menggunakan pemikiran-pemikiran yang logis, masuk akal dan sesuai dengan rambu-rambu Paradigma Nasional, Pancasila, UUD'1945, KUHP dll. Marilah kita berlatih untuk menguji pemikiran-pemikiran yang logis, terbaik yang kita miliki agar masih ada pihak yang membela kepentingan Nasional kita, secara lebih utuh, integratif dengan tetap menjaga kebersamaan, persatuan, rasa keadilan masyarakat dan dapat menunjukkan kepada banyak orang, bahwa didalam lingkungan keluarga besar FKPPI, banyak sekali yang mampu mengimbangi dan menjaga opini masyarakat kita agar tidak ternodai oleh 'kesombongan' orang-orang yang 'merasa paling hebat dinegeri ini'.

            Sehingga nantinya FKPPI akan menjadi tolok atau nara sumber bagi seluruh opini yang berkembang, selalu menjadi acuan terdepan dalam mengajak berpikir logis, obyektif dan proporsional, serta dapat diterima oleh seluruh masyarakat karena senantiasa berdasarkan pemikiran yang sehat, juga sebagian besar dari hasil-hasil kajian Lembaga Kajian Strategis (LPS2). Kemudian akan disosialisasikan melalui media cetak dan juga melalui website fkppi.or.id.

            Dengan demikian akan dapat dirasakan kemanfaatan organisasi FKPPI, dalam memberikan pendidikan Politik kepada Masyarakat tentang berbagai opini yang berkembang, dapat memberikan opini yang lebih berdasarkan ilmu pengetahuan sera UU dan peraturan terakhir yang berlaku, selain memberikan konsultasi kepada masyarakat awam tentang opini masyarakat yang seharusnya, yaitu benar, baik, obyektif namun masih santun dan mampu menjaga perasaan banyak orang.

 

 

 

  

 

 

Last Updated ( Saturday, 07 November 2009 06:14 )
 

KB FKPPI on FB

Who's Online

We have 34 guests online